Ternyata Sampah Bisa Jadi Sumber Penghasilan Kebutuhan Sehari – Hari?

Adanya sampah memang bisa mendatangkan 2 jenis dampak yang bisa dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Seperti biasa, dampak yang bisa dirasakan itu adalah dampak yang positif atau juga yang negatif.

Nah jika biasanya kita hanya membicarakan yang namanya dampak negatif dari sampah. Kali ini kita akan membicarakan mengenai suatu dampak positif karena adanya sampah. Jika kita sering melihat berita, pasti sesekali kita pernah melihat bagaimana ada beberapa orang yang menggeluti bisnis di bidang persampahan. Ada yang bisnis bidang daur ulang, ada juga yang bidang penampungan, sampah kepada jual beli barang – barang elektronik bekas.

Taukah kamu bahwa ternyata omset yang didapatkan para pengusaha tersebut juga lumayan besar loh. Apalagi saat ini volume sampah di banyak daerah terus meningkat. Sudah pasti hal ini malah menjadi ladang bisnis oleh mereka yang menggeluti bidang bisnis persampahan tadi.

Nah berikut ini adalah beberapa bisnis yang ternyata sangat menjanjikan yang berasal dari sampah yang bisa anda coba.

  1. Sampah botol plastik

Jenis sampah ini adalah yang paling mudah kita temui di manapun tak terkecuali di dalam tong sampah stainless. Kenapa ? Karena jenis sampah botol plastik adalah yang sering digunakan oleh masyarakat dalam mengkonsumsi yang namanya minuman. Nah botol  – botol plastik ini bisa loh kamu daur ulang kembali menjadi barang jadi yang memiliki nilai ekonomis dan nilai jual.

Selain dijadikan kerajinan, kamu juga bisa menggiling botol – botol minuman ini menjadi serpihan – serpihan kecil yang nantinya akan menjadi bijih plastik. Dan permintaan terhadap bijih plastik itu cukup banyak loh dari industri – industri plastik.

  1. Koran dan kertas bekas

Nah ini nih yang juga biasanya banyak sekali sampah nya. Zaman sekarang hampir semua pelajar pasti banyak menggunakan kertas untuk keperluan tugasnya. Biasanya, kertas – kertas ini akan menjadi sampah dan tak terpakai setelah tugas selesai dinilai oleh guru mereka.

Nah itu adalah beberapa contoh bahan bekas yang masih bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan sebagai kerajinan yang memiliki nilai jual.

Leave a Reply