Bagaimana Cara Melatih Maine Coon Kittens?

Dari jutaan kucing yang menghuni rumah-rumah di seluruh negeri, hanya sedikit yang pernah dilatih dengan fokus dan perhatian yang sama kepada anjing sejak awal. Ini adalah pemborosan yang menyedihkan dari kecerdasan kucing tajam yang telah menjadikan kucing ikon untuk kelicikan dalam legenda kita. Kucing, terutama Maine Coons, bisa dilatih dalam waktu dekat dan hanya kurang memiliki kesempatan untuk membuktikan diri.

Di masa lalu, kucing sebagian besar adalah hewan peliharaan di luar ruangan. Mereka bekerja sebagai tikus di peternakan dan mengusir tikus dari dapur. Hanya di abad terakhir ini, kucing mulai tinggal di dalam rumah dan mendapatkan perhatian khusus yang sama dengan rekan-rekan anjing mereka. Tidak pernah terpikir oleh kebanyakan orang bahwa kucing bisa dilatih. Citra mereka sebagai pemburu liar terlalu mendarah daging. Tanpa berusaha, mereka berasumsi bahwa kucing-kucing mereka tidak bisa diurus. Itu cocok dengan cara menyendiri mereka membawa diri, setelah semua [1].

Metode pelatihan modern sangat cocok dengan cara pikiran kucing Maine Coon bekerja. Secara historis, agresi dari pelatih hanya berfungsi untuk membuat kucing stres. Hukuman tidak bekerja dengan baik, dan hanya menyebabkan masalah perilaku di kemudian hari. Penguatan positif menarik bagi keinginan Maine Coon untuk game berbasis interaksi. Metode ini berfokus pada membentuk perilaku kucing dan menghargai setiap langkah sukses menuju tujuan akhir. Dengan sesi pendek dan banyak latihan, semua orang tua hewan peliharaan dapat melatih kucing Maine Coon mereka untuk melakukan trik yang mengesankan.

Dengan bantuan clicker atau suara pendek dan terpotong, Anda dapat mengajari Maine Coon Anda bahwa tindakan tertentu berarti imbalan. Mulailah dengan membentuk perilaku yang paling mendasar dan diinginkan:

Membuat Maine Coon Anda diperhatikan. Keingintahuan alami kucing Anda akan membawanya kepada Anda, jika Anda mengatur suatu tempat dengan sebuah clicker dan sepiring camilan. Sesampai di sana, perhatiannya akan terpusat pada makanan dan dia akan mencoba yang terbaik untuk membujuk Anda untuk memberinya beberapa potong. Gunakan minat ini untuk keuntungan Anda. Sebut namanya, lalu tunggu dengan sabar sampai dia menatap Anda. Klik segera dan beri dia hadiah. Ulangi ini lima kali. Jika dia tidak pernah melihatmu, dia tidak pernah mendapat hadiah. Hentikan sesi, lalu kembali lagi beberapa jam kemudian. Sebagian besar Maine Coons mengambil trik ini dalam satu hari, sementara beberapa kucing membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk mencari tahu misterinya [2]. Setelah kucing Anda mulai merespons namanya dengan melihat Anda, perpanjang waktu antara tampilan dan klik. Tambahkan irama di jeda untuk setiap sesi. Anda bertujuan agar dia melihat Anda dan tidak segera membuang muka. Jangan mencoba kontak mata yang berkelanjutan, karena menatap bisa agresif dalam bahasa kucing.

Mengajarkan Maine Coon Anda untuk Duduk. Kucing sering duduk. Ini membuat triknya hampir mustahil untuk mendapatkan kesalahan. Saat kucing melihat Anda pada suara namanya, gunakan trik ini setiap saat untuk menarik perhatiannya dan memanggilnya untuk Anda. Dia akan datang untuk mengobati, tetapi kebiasaan itu akan segera mendarah daging. Begitu dia di depan Anda, bentuk trik berikutnya. Pegang potongan makanan di atas alisnya dan kemudian perlahan-lahan letakkan di atas kepalanya dan ke arah punggungnya. Berhati-hatilah untuk tidak pergi terlalu jauh ke belakang atau Maine Coon Anda hanya akan berbalik. Anda ingin dia melihat ke atas, sampai pantatnya turun secara alami ke bawah dalam posisi duduk. Segera klik dan biarkan dia yang mengobati. Bergantian, Anda bisa mengatakan duduk dan tunggu dia tenang. Ini mungkin perlu beberapa kali percobaan, tetapi idenya adalah untuk mengabaikan perilaku lain dan hanya membalas yang Anda inginkan [3]. Begitu itu terjadi, Maine Coon akan segera mencari tahu apa yang mendorong Anda untuk memberinya hadiah terakhir kali. Metode apa pun yang Anda pilih, gunakan perintah “duduk,” bersama dengan gerakan tangan, setiap kali sebelum dia melakukannya. Ini menciptakan hubungan antara kata / gerakan dan tindakannya.

Meminta Maine Coon Anda untuk nilai lima. Ketika Maine Coon Train Anda tahu untuk duduk di bawah komando, Anda dapat mulai mengajarkan trik yang lebih menarik seperti paw-shake atau high-five [4]. Bawa tangan Anda untuk melayang di atas kakinya. Kucing biasanya akan mengetuk tangan Anda untuk mencari tahu apa yang Anda lakukan. Jika ini tidak berhasil, ketuk tangannya terlebih dahulu. Dengan trik-trik pertama ini, bahkan layak hanya duduk di sana menunggu kucing bertindak sendiri. Saat Maine Coon Anda mulai memahami bahwa ia diberi imbalan karena perilaku tertentu, ia akan mulai mencoba berbagai tindakan untuk melihat apa yang membuat Anda memberinya makan lagi. Begitu dia meletakkan tangannya di tangan Anda, klik dan rawat. Dengan setiap sesi singkat, angkat tinggi tangan Anda, sampai sejajar dengan pinggang. Masukkan kata “goyang” di sini untuk membuat asosiasi dengan mengetuk tangan Anda pada ketinggian itu. Setelah trik ini dihafal, angkat tangan lebih tinggi dan hadapkan telapak tangan ke arah wajahnya. Mintalah Maine Coon Anda untuk “beri saya lima” dan dia akan mengetuk cakarnya ke telapak tangan Anda. Dengan kerja keras dan kesabaran, kucing Anda akan menguasai trik-trik ini dalam waktu singkat.

Berjalan Maine Coon Anda dengan tali. Sama seperti semua pelatihan, trik-trik di atas hanyalah persiapan untuk pembelajaran praktis. Berjalan adalah latihan yang sangat baik untuk kucing dalam ruangan, di mana mereka dapat menikmati menjelajahi alam bebas di bawah pengawasan Anda.

[5]. Mulailah dengan membuat Maine Coon Anda terbiasa mengenakan harness di dalam ruangan. Kemudian gunakan campuran camilan dan pujian, pasang tali pengikat, dan mulailah mengantarkan kucing Anda ke ruang tamu. Jika dia berhenti ketika Anda berhenti, maka dia mendapat klik dan hadiah. Lakukan ini selama 5 menit, beberapa kali sehari, sampai kucing Anda nyaman berjalan di sisi Anda. Tambahkan campuran “duduk” dan “kocok” di antara berjalan-jalan, sehingga Maine Coon Anda memiliki peluang yang cukup untuk mendapatkan hadiah. Langkah selanjutnya adalah membawa kucing Anda keluar. Awalnya, batasi diri Anda di halaman belakang dan jalan masuk. Tingkatkan area berjalan Anda, secara bertahap. Sama seperti mengendarai anjing, kucing Anda juga harus dibawa keluar setiap hari agar benar-benar nyaman dengan latihan ini. Seiring waktu, ini akan menjadi kegiatan yang Anda dan Maine Coon Anda nantikan.

Setelah kucing memahami prinsip pelatihan berbasis penghargaan dan pujian, mereka akan lebih cepat dalam mengambil trik yang Anda dapatkan. Maine Coons dapat diajarkan hampir semua trik yang dapat Anda bayangkan, jika Anda dapat menemukan cara untuk menjelaskan konsep tersebut kepada kucing Anda. Seperti yang akan Anda lihat saat melatih Maine Coon Anda, jenis ini senang mencoba hal-hal baru, jika itu berarti lebih banyak waktu bersama Anda dan banyak camilan!

Leave a Reply