5 Cara Aman Ketika Gadai Mobil di Pegadaian

Dengan menggadaikan BPKB memang menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan demi memperoleh dana tunai yang cepat dalam waktu dekat. Tetapi terkadang dengan cara gadai mobil bisa juga memunculkan resiko.

Resiko tersebut adalah, BPKB hilang atau rusak, atau ada pihak lembaga keuangan yang menarik kembali kendaraan ketika terjadi telat atau keterlambatan membayar cicilan atau kredit.

gadai bpkb mobil

Supaya kalian terhindar dari berbagai resiko yang merugikan saat gadai mobil, berikut ada 5 tips penting yang bisa kalian terapkan:

1. Tentukan tujuan gadai kendaraan mobil

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan menilai apa tujuan dengan gadai mobil untuk urusan yang jelas atau positif ? jangan sampai uang yang kalian dapatkan dari gadai mobil ternyata dipakai hanya untuk foya-foya atau untuk aktifitas konsumtif.

2. Pilih Lembaga Keuangan yang Jelas dan Legal

Kalian memang bisa menemukan macam-macam pilihan untuk menggadaikan mobil. Tetapi, kalian juga harus memastikan bahwa tempat tujuan gadai mobil tersebut harus memiliki legalitas dan juga kejelasan.

Baca juga : tempat gadai bpkb di bandung

3. Penuhi Syarat Pengajuan

Ketika kalian menggadaikan mobil / gadai bpkb mobil, kalian juga harus memenuhi persyaratan umum yang diwajibkan atau dibutuhkan. Dan ketika syarat tersebut tidak dipenuhi, bisa dipastikan untuk pengajuan tersbut pasti akan ditolak.

4. Pahami dan Ketahui Produk Pinjaman

Supaya aman ketika kalian akan melakukan gadai mobil, tentu kalian juga harus memahami dan juga mengetahui dari produk pinjaman yang dipakai. Ketika kalian memutuskan untuk menggunakan layanan pinjaman, pastikan juga untuk mengetahui ketentuan atau persyaratan yang ada.

5. Bayarlah Cicilan Tepat Waktu

Tips terakhir untuk kalian saat memutuskan untuk memakai layanan gadai mobil untuk mendapatkan dana yang singkat adalah dengan membayarnya cicilan tepat waktu. Hal tersbut penting dikarenakan kalian tidak dapat terganggu dengan adanya panggilan telepon yang mengingatkan tenggat waktu pembayaran cicilan kredit.

Selain itu melakukan pembayaran cicilan yang melebihi batas waktu yang telah ditentukan juga bakal merugikan kalian secara materi. Kalian pasti bakal dikenakan denda dengan jumlah tertentu. Memang nilai denda tersbut kelihatannya seperti kecil. Tetapi jika dilakukan dengan terus-menerus tentu bakal merugikan kalian sendiri.

Leave a Reply